Wednesday 28 May 2014

SNMPTN 2014 ku "awesome"

SNMPTN 2014 adalah suatu batu loncatan bagi seorang murid sma yang lulus untuk melanjutkan studinya. Bagiku SNMPTN 2014 adalah suatu hal yang tidak bisa dilihat, tidak transparan juga invisible to see.
 well, i never thought. "AKU LULUS SNMPTN 2014" 

waktu masuk semester 5, semua anak SMA dijelaskan tentang seluk beluk masuk PTN lewat jalur undangan (tanpa tes) yang lebih kece namanya SNMPTN. tentu saja, banyak anak sma yang menyambut hal ini sangat antusias. kenapa? soalnya lulus dari SNMPTN itu sebuah keberuntungan yang tak terduga. kita ga perlu ikut tes sbmptn dan apapun itu, kita hanya kirim nilai rapot dan nilai ujian nasional untuk diseleksi sama PTN. semua anak sma sangat menitik beratkan takdirnya pada SNMPTN ini. 

ya, aku anak sma yang bersekolah di smansa sragen. sekolahku begitu terlihat favorit dikalangan kabupaten ku. tapi kalo untuk lebih tinggi tingkat seperti provinsi aku rasa belum menjadi favorit nya Jateng :3 hehhee
tetapi aku sangat amat teramat sangat bangga bisa menjadi salah satu bagian dari SMA N 1 Sragen :D it's hard to say by words. haha

pertama waktu semester 4 aku udah nyiapin kemana dan dimana tujuanku setelah SMA. aku udah optimis, aku udah siap rasanya ngejalani semester 5 dan 6. semester 5 pun terlewati sambil matengin pilihanku. banyak univertas yang datang sosialisasi ke sekolahku. pertamanya ITB. gila! ITB keren banget ya Allah. aku pun mengalihkan pilihan pertamaku ke ITB. aku pengen banget masuk prodi oceanografi yang sangat wow di ITB. aku tertarik di oceanografi soalnya aku pengen snorkling dan diving nya wkwk. aku suka semua yg berhubungan dengan air, hewan, dan keindahan alam hehe

pada saat itu pilihan ku berubah ke oceanografi FITB, aku sharing ke temenku minta pendapat sana sini. eh dooorr dan ternyata temenku deket dia milih prodi itu :"( nilai ku dan nilainya ga jauh beda. tapi dia punya banyak piagam tingkatannya sampe provinsi. aku cuman 3 piagam itu pun non akademik. aku cari aman dan aku bimbang akan pilihanku.

eh tiba tiba ada sosialisasi dari UNDIP, dan ternyata di Undip juga ada oceanografi. fix aku menetapkan pilihanku disitu. aku sharing lagi ke temenku. kali ini aman belum ada yg ngincer situ :D hhe. beberapa minggu kemudian IPB sosialisasi di sekolahku. sumpah keren banget kampusnya. ijo ijo seger dimata dingin lagi. dan salah satu prodi di IPB adalah prodi yang pernah aku impikan. tapi aku belum pernah memimpikan untuk ke IPBnya haha. prodi itu pilihan awalku yang udah mantep banget lhoo haha. wow amazing IPB udah banyak prodi yang dapetin akreditasi international. prodi impianku pun udah dapet. dan di IPB udah punya rumah sakit hewan sendiri yang di nobatkan nomer 2 se ASEAN. wow amazing. eh kenapa yg aku unggulin rumah sakit hewannya ya? haha. cuppss bener karena aku dulu mantepnya pengennya di prodi kedokteran hewan :)

setelah sosialisasi itu aku down lagi. aku bimbang banget. segala cara udah aku lakukin tp masih aja bimbang galau PTN yang biasa dirasakan anak SMA semester akhir :")

tapi pada saat itu aku rasanya ingin memasuki dua prodi itu oceanografi undip dan fkh ipb haha :v
banyak temen yg bilang kalo oce disekolah banyak yg daftar juga ._. aku kira cuman aku. dan pada saat itu aku pindah halauan lagi. aku jadi pengen ke fkh ipb :3 
tapi disaat seneng senengnya aku udah mantepin pilihan aku, ada keluarga yang menolakku aku ambil fkh. karena apa? karena prospeknya terlalu dikit -_-
tapi kalo menurutku sih snmptn itu pilihlah yang sesuai minat jangan liat prospeknya. soalnya jika minatmu tinggi pasti kemampuan dan kemauan usahamu akan mengikuti minatmu untuk sukses dan tentang prospek akan datang sendirinya.

waktu itu aku tanya tanya kakak angkatan yg lolos snmptn IPB FKH tentang bagaimana nilai rapor mereka. amazing semua nilai rapornya melebihi nilaiku :( dan kemudian aku cari tau siapa aja yg berniatan untuk daftar fkh ipb lewat suatu grup "Pastikan Pilih IPB!" di facebook. grup ini sangat membantuku akhirnya aku menemukan mereka semua suatu perkumpulan "camaba fkh ipb 51". kita sering sharing entah masalah nilai, sampai hal pribadi. kita udah seperti keluarga dalam dunia maya. padahal kita terpisah jarak yg sangat jauh dan belum pernah ketemu satupun. tp komunikasi kita ngebangun di sebuah grup chat milik kami :3 

di grup chat itu jujur nilainya gak ada yang jelek, mereka semua nilai rapornya bagus dan pantas untuk lolos. sedangkan aku? :( 
aku mulai galau, bingung harus mengambil langkah mana -_- aku netepin prodinya tetep di fkh tp untuk univ nya masih ragu antara UGM dan IPB. soalnya sungguh banyak IPB peminatnya dan IPB memang nomer satu untuk fkhnya. dosen di UGM aja lulusan dari ipb untuk fkhnya -__- tapi pada saat itu kemungkinan besar kelolosan ku terdapat di UGM. tapi rasanya belum rela kalo aku enggak di IPB pengen di IPB pake banget soalnya :V
aku istikharah, sholat dhuha, solat sunah yang lainnya. tapi selalu nama UGM yg selalu muncul. biasalah yg namanya mimpi bisa dateng dari mana pun :v di antara keraguanku ini aku mulai mencoba mendekat sama Allah. aku terus puasa Daud (puasa 1 hari dan 1 hari selanjutnya enggak sampe pengumuman SNMPTN). walaupun kadang puasa ku ada yang bolong, tp ini termasuk usaha besarku. doa selalu ku panjatkan tak henti-hentinya. minta restu ke keluarga, sahabat, saudara semuanya ku lakukan. termasuk minta doa restu ke almarhumah mama ku setiap minggu aku harus bolak-balik Klaten untuk ziarah dan sedikit curhat kepadanya :"

suatu hari ada sahabatku yg ngajak koalisi nekat ke IPB :D dan aku nekat bareng nekat daftar. tp jujur aku pengen banget ke IPB tp takut ga lolos pesimis banget sama nilai raporku. dan setelah pemikiran yg matang akhirnya aku mendaftar 17 maret 2014. bismillahirahmanirahim. 
aku udah gamau mikir snmptn. aku pasrahkan sama kuasa Allah saja.  aku fokus usaha ke UN ku bener bener usaha belajar mati-matian. dan H-1 UN aku tetep nyempetin waktuku untuk ziarah ke makam mama ku, soalnya bertepatan dengan ulang tahun mamaku sekaligus aku minta doa restu. yah begitulah hasil UN nya. UN taunku itu UN yang bertaraf internasional lhoo teman teman >_< terimakasih pak menteri atas ke'awesome'an akan soal-soalnya yang keluar :) jujur paling susah menurutku di kimia nya. beda semua soalnya kayak taun kemaren. beda total pak menteri terimakasih sangat :""

UN pun selesai, waktunya istirahat sebentar deh. alhamdulillah. 
eh belum sempet liburan aja udah Les buat SBMPTN sambil nunggu SNMPTNnya. gapapalah ya usaha itu yang nilai Allah. Allah maha mengetahui pasti akan membalas hambanya yang setimpal kok :)

doooorr tanggal 27 mei pun datang :)
banyak beredar rumor tentang pengunduran maupun kemajuan pengumuman hasil snmptn. tapi aku cuma percaya sama yang di website resminya aja sih yaa :P 
waktu tanggal 26 mei aku begadang sampe jam 11 udah gakuat aku kira pengumumannya tanggal 27 jam 0.00 tepat sih haha. yaudah setelah begadang aku ketiduran sendiri. 

dan aku bangun bismillah tanggal 27 mei yaAllah. banyak mirror web snmptn yang disediain biar akses nya ga barengan biar ga eror juga. jam setiap jam pun berlalu mendekati jam 12 siang dimana bisa buka pengumumannya. teret jam 11.30 >_< setengah jam lagi ! tiba tiba temenku dari grup chat yg aku ceritain tadi udah ngpost hasil snmptnnya di grup chat. tapi hasilnya dia nihil. dia make mirror websitenya ITS yaitu snmptn.its.ac.id . aku coba menenangkan dia yg hasilnya nihil. aku bilang "jangan percaya ini kan belum jam 12 gitu". aku mulai penasaran. aku buka deh mirror website nya itu. aku lupa naruh folder kartu SNMPTN ku untuk ngcek no pendaftarannya haha. oh iyaa download lagi aja. udah nungguin download trus liat no peserta deh. trus aku input no peserta sama tanggal lahir di snmptn.its.ac.id . "SubhanaAllah, ini web bener ga sih mirror nya snmptn pusat? kok aku ga percaya ya sebelum jam 12 udah nongol duluan." itu kata kata ku yg keluar. well, i never thought. Aku Lulus SNMPTN 2014 sesuai yg aku harapain prodi dan universitasnya. tp aku masih belum percaya kalo bukan website pusatnya yg posting in. 

jam 12 pun tiba. berlombaan dengan seribuan juga pendaftar snmptn untuk mengetahui hasilnya. dan alhamdulillah hasilnya "ijo" lagi ya Allah. aku langsung cari papiku, aku peluk dia, aku bilang dia kalo aku berhasil tembus. Alhamdulillah :)



di akhir kata, tidak ada orang yang beruntung tanpa usaha, besarnya usaha berbanding lurus dengan keberuntungan. jangan pernah berhenti berdoa dan  berharap kepada Allah. dan jika keberuntungan mendatangi kita, jangan pernah berhenti ucap syukur padaNya.

kupersembahkan ini untuk mama disurga
 yang telah menemani 16tahun hidupku :")

2 comments:

  1. Halo kak, boleh tau nilai rapotnya gimana dulu?termasuk yg stabil atau naik turun?aku minat fkh nih kak:)

    ReplyDelete
  2. bisa kunjungi blog kita kak di http://semutapi522.blogspot.com/2016/05/berbagi-pengalaman-tentang-snmptn.html
    thanks ^^

    ReplyDelete